12 Etika Email Marketing

Email merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk marketing, terutama jika Kita adalah seorang blogger profesional, yang menggunakan blog sebagai sarana mencari uang.

Penggunaan email sebagai sarana marketing perlu mengetahui etika dalam berkirim email, supaya email yang kita kirimkan ke para subscriber tidak dianggap ‘sampah’ dan lebih penting lagi, bisa menghasilkan konversi.

Banyak layanan email blast juga sangat menghormati aturan tersebut, salah satunya adalah layanan mailerlite yang saya gunakan.

Nah berikut 12 etika email marketing yang wajib kalian tahu.

Mintalah izin

Jangan asal mengirimkan email. Berikan opsi sebelum pembaca melakukan subscribe, beri keterangan dengan jelas apa saja yang akan mereka dapatkan saat sudah menjadi subscriber.

Kirimkan email disaat yang tepat

Ingat! pembaca berlangganan di blog Anda karena ingin mendapatkan konten yang diinginkan. Jangan memberikan email penawaran terlalu sering dan pastikan dikirimkan pada waktu yang tepat. Jangan pula mengirimkan email di waktu liburan.

Perhatikan desain

Sesuaikan desain email dengan blog, termasuk logo dan warna. Perhatikan juga desain tersebut bisa dengan mudah diakses melalui ponsel.

Buatlah email tetap mudah dibaca walaupun tanpa gambar

Menyertakan gambar dalam email adalah pilihan yang baik, namun tidak semua orang mengaktifkan pilihan ‘show image’ pada pengaturan email karena alasan tertentu. Pastikan Anda mengatur penempatan gambar-gambar tersebut dengan tepat.

Buatlah personalisasi email

Usahakan menyapa dengan nama dari subscriber Anda, dan jangan lupa berikan ucapan salam pembuka dan ucapan terima kasih di akhir email.

Mudahkan pembaca untuk unsubscribe

Subscribe dan unsubscribe adalah hak dari pembaca. Meskipun kita akan sedih jika ditinggal oleh subscriber, tapi pastikan Anda memberikan pilihan mudah untuk melakukan unsubscribe pada email Anda.

Mintalah feedback

Mintalah saran dari para pembaca secara berkala, cari tahu apa yang mereka inginkan saat kembali mendatangi blog Anda.

Jangan terlalu sering mengirimkan email

Jangan bertindak layaknya spam, jangan penuhi kotak surat pembaca hanya dengan email dari Anda.

Menulis lah untuk manusia

Gunakan bahasa yang sesuai dengan subscriber Anda. Sesuaikan gaya bahasa dan konten agar subsriber merasa membaca email pribadi.

Buatlah pembaca dengan mudah mengganti alamat email nya

Beberapa pengguna internet suka mengganti-ganti alamat email mereka, pastikan Anda memberikan pilihan untuk mengganti email dengan mudah.

Ketahui aturan tentang CAN-SPAM

Jangan sampai ketidaktahuan Anda berujung pada pengiriman email Spam kepada subscriber. Cari tahu aturan dan panduannya disini.

Buat email Anda mudah untuk dibagikan

Dengan mudahnya email Anda bisa dibagikan ke orang lain, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan paling tidak lebih banyak subscriber baru.

Itulah 12 etika email marketing dari kami, apakah Anda memiliki ide mengenai email marketing? bagikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan