8 Kebiasaan Efektif Blogger Professional

“Motivation is what gets you started. Habit is what keeps you going.”― Jim Ryun

Blogger sebagai sebuah profesi tentu saja membutuhkan perlakuan secara profesional agar bisa sukses dan bersaing dengan kompetitor yang jumlahnya semakin bertambah setiap harinya.

Meskipun saat ini blogger masih kalah seksi dengan platform media sosial lain, seperti Facebook atau Twitter, namun keberadaan blog akan tetap eksis dan di tahun 2016 ini saya memprediksi akan kembali menjadi tren.

Bagi kalian para blogger yang ingin memiliki blog berkualitas, berikut 8 kebiasaan efektif bagi seorang blogger profesional.

kebiasaan blogger

1. Produktif

Nyawa dari blog adalah konten. Sebaik apapun tampilan blog, jika tidak disertai oleh konten yang berkualitas dan selalu update, maka bersiap-siaplah untuk ditinggalkan pengunjung.

2. Ringkas

Membuat suatu tulisan ringkas dan enak dibaca adalah kebiasaan yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Tidak semua orang suka dengan tulisan yang bertele-tele. Ringkas, padat, dan jelas, itu lebih baik.

3. Analitis

Seorang blogger harus memiliki daya analitis yang baik. Hal tersebut sangat berguna untuk membuat tulisan terlihat faktual dan rasional.

4. Pembelajar

“Belajarlah dari buaian sampai liang kubur”, pepatah tersebut berlaku pula untuk seorang blogger. Informasi yang selalu berubah tiap detik mengharuskan kita untuk tetap selalu mengikutinya. Jangan merasa jika sudah menjadi blogger terkenal dan diakui oleh dunia blogosphere, tidak mau belajar lagi.

5. Fokus

Seperti pelajaran yang diberikan oleh Anthony Robbins, fokus merupakan kunci sukses, pun dalam dunia blog. Tanpa fokus pada suatu tema, blog akan terlihat acak-acakan dan tidak memiliki nilai beda.

6. Konsisten

Fokus saja tidak cukup! selalu update konten pada waktu yang telah dijadwalkan. Misalkan, update blog setiap hari Senin atau konsisten dengan gaya penulisan artikel.

7. Terencana

Perencanaan merupakan awal dari kesuksesan. Seorang blogger seharusnya memiliki rencana mengenai blog yang akan dibuatnya. Bagaimana visi, tujuan dan bagaimana membuat blog tersebut bisa menghasilkan keuntungan. Kalian tidak mau kan kalau blog kita hanya punya konten yang bagus tapi pendapatannya tidak bagus juga?

8. Gigih

Rasa malas dan kompetitor yang demikian banyak jelas tidak boleh membuat kita menyerah. Tidak boleh ada kata menyerah jika ingin sukses, begitu pula dengan dunia blog.

Kebiasaan yang dilakukan terus menerus akan menjadi karakter, dan jika kalian bisa menjadikan kebiasaan di atas menjadi karakter, kita akan bisa menarik kesempatan menjadi kesuksesan.

3 Comments

Tinggalkan Balasan