Monetasi Instant Blogger: Pay Per View

Beberapa blogger selalu menanyakan hal klasik, “bagaimana dapat uang dari ngeblog?” Jawabannya tentu banyak hal, mulai dari pasang AdSense, ikut program afiliasi, artikel sponsor dan masih banyak lagi.

Beberapa cara di atas merupakan langkah monetasi blogger yang umum dilakukan. Namun untuk bisa mendapatkan hasil lumayan dengan cara di atas, kita harus memiliki blog dengan trefik yang tidak sedikit.

Kemudian pertanyaannya, “apakah ada monetasi instant untuk blogger pemula?” tentu saja ada.

Beberapa bulan lalu, salah satu raksasa internet AliBaba membuat media platform bernama We-Media. Dimana konten-konten yang di submit melalui platform tersebut akan di distribusikan melalui aplikasi UC News yang memiliki puluhan juta pengguna aktif di Indonesia.

Nah inilah salah satu cara monetasi instant blogger yang ingin mendapatkan uang saku dari menulis konten.

Bagaimana cara mendaftar

  1. Klik link disini dan tekan tombol ‘Gabung’.
  2. Isikan data yang ada di form tersebut, kemudian submit. Kalian akan menerima email verifikasi.
  3. Buka email dan lakukan verifikasi dengan klik link.
  4. Setelah klik link verifikasi, kalian akan diminta mengisi ‘Informasi Akun’ We-Media, berupa user name hingga alamat blog kalian.
  5. Selanjutnya centang pernyataan pengguna dan klik tombol ‘Lanjutkan’.
  6. Pihak We-Media akan melakukan verifikasi. Pemberitahuan verifikasi juga akan dilakukan melalui email.
link-verifikasi
link verifikasi

Jadi bagaimana perhitungan pendapatan dari We-Media. Secara spesifik memang tidak ada hitungan-hitungan resmi dari We-Media. Namun berdasarkan data statistik yang saya peroleh, kita akan mendapatkan 1$ per 10.000 views. Kecil? Ya, jika kalian hanya menghitungnya dari nilai visitor saja.

JIka kita membandingkan dengan pendapatan dari AdSense, maka nilai di atas cukup kecil. Coba kita simulasikan. Blog dengan 10.000 views per hari, dengan CTR 2% dan nilai CPC 0.03$. Maka kita akan mendapatkan 6$.

Jadi kenapa harus ikut platform We-Media jika pendapatan dari AdSense 6 kali lebih banyak?

We-Media menerima konten hasil re-write dari blog kita sendiri

Jadi kita hanya menulis satu kali dan bisa di distrubiskan di dua kanal, blog pribadi dan kanal UC News.

Sumber trafik

Dengan jumlah user aktif yang banyak, platform ini merupakan sumber trefik alternatif bagi blog dengan visitor mini. Hasil eksperimen yang saya lakukan, saya mendapatkan limpahan trefik 10-15% dari jumlah views yang ada di We-Media. Jadi misal views yang saya dapat dalam sehari adalah 100.000, maka akan ada 10.000-15.000 pembaca UC-News mengunjungi blog.

stat-we-media
Trefik Seminggu

Tak perlu pusing memikirkan SEO

Kita tak perlu susah payah mencari trefik agar artikel kita dibaca banyak orang. Saat membuat blog, kita harus bersaing dengan jutaan blog yang ada di internet agar bisa menjadi nomor satu di SERP. Menerapkan teknik SEO akan memakan waktu, dan bagi kebanyakan blogger, SEO adalah sesuatu yang rumit untuk dikerjakan.

Jika mengacu pada perbandingan dengan AdSense di atas, maka perlu berapa lama untuk mendapatkan 10.000 views dalam satu hari?

Follower

Hal menarik dari We-Media adalah adanya sistem follow. Semakin banyak follower yang kita miliki, maka kemungkinan mendapatkan banyak views dan trefik semakin besar.

Sebenarnya masih ada beberapa potensi keuntungan yang di dapat. Jika potensi tersebut sudah bisa saya maksimalkan, artikel ini akan saya update lagi.

Cara optimasi We-Media

Tentu kalian akan menemukan banyak blog dan web disini. Bagaimana bisa mendapatkan banyak views dari setiap artikel yang dibuat? ada beberapa hal yang bisa dicoba.

Tentukan kategori yang tepat

Yak, pemilihan tema dari tulisan tentu akan mempengaruhi ketertarikan pembaca. Kita tahu, di Indonesia ini, tulisan-tulisan dengan tema hiburan, politik, sepakbola dan teknologi memiliki peminat yang luar biasa banyak.

Buat judul artikel yang clickbait

Tidak ada salahnya membuat judul yang cemeklik, asalkan konten yang ada di dalamnya tidak menipu. Buatlah judul yang menarik minat para pembaca.

stat-per-artikel
Statistik clickbait vs non-clickbait

Buat konten menarik

Konten menarik akan membuat pembaca suka. Pembaca yang suka dengan konten kita akan follow. Semakin banyak follower, maka semakin besar kemungkinan views dan trefik kita bertambah.

Share ke sosial media

Meskipun UC-News sudah memiliki banyak pengguna, namun membagikan tautan kalian ke media sosial bukanlah hal sia-sia. Meskipun tak terlalu siginifikan, paling tidak  selain mendapatkan beberapa views, nama kalian akan dikenal dan bisa saja mereka menjadi follower mu di UC-News.

Kesimpulan

Saya baru mencoba platform ini selama kurang dari dua minggu. Tentunya masih banyak hal yang bisa berubah. Saran saya saat ini, platform We-Media ini cocok buat kalian blogger pemula yang ingin mendapatkan uang saku dan ingin meningkatkan trefik serta awareness untuk blog yang baru kalian bangun.

Silakan daftar disini untuk mencoba platform ini.

So, keep in touch and see you tomorrow.

14 Comments

Tinggalkan Balasan