Pertama Kali Merakit Gundam

Selamat akhir pekan teman-teman, kalian ngapain aja nih akhir pekan ini? kebetulan minggu ini akhirnya aku bisa merakit Gundam untuk pertama kalinya. Sebuah pencapaian yang sangat menyenangkan!

Awal mula

gundamAku bukanlah penggemar Gundam, hanya sedikit mendengar nama ini dari film kartun waktu jaman sekolah dasar. Layaknya seorang anak kecil yang beranjak dewasa seperti pada umumnya, aku juga masih suka membeli mainan. Hotwheels dan beberapa action figures sempat aku beli. Namun tidak ada satupun adalah Gundam.

Perkenalan ku dengan Gundam adalah saat aku mampir ke rumah Khusnun Irawan, seorang desainer yang memiliki banyak portfolio mentereng, salah satunya adalah aplikasi Listeno.

Dik Unun, panggilan akrab dari Khusnun Irawan ini memang suka Gundam sejak jaman SMP, dan saat aku bertandang ke rumahnya, ada beberapa koleksi Gundam berjejer rapi.

Entah karena obrolan apa, tiba-tiba dik Unun memberikan Gundam kepadaku (lucky me!). Mainan Gundam (atau banyak yang menyebutnya juga sebagai Gunpla) yang diberikan adalah MS-06 Zaku II + Big Gun Set Gundam Thunderbolt, jenisnya HG (High Grade). Panjang ya namanya.

Kenapa dik Unun ini memberikan Gundam tersebut, katanya sih dia beli karena suka sama senjata nya saja, ga suka sama robot nya. Baiklah.

Zaku II MS-06
MS-06 Zaku II

Jenis-jenis Gundam

Karena penasaran, maka aku coba mencari tahu asal-muasal dari Gunpla ini. Ternyata, Bandai memiliki beberapa kategori untuk mainan berbentuk robot ini.

High Grade (HG)

Kategori High Grade saat ini telah mengalami perbaikan. Gundam dengan kategori ini dengan skala 1 : 144 atau 1 : 100 mampu menyediakan berbagai jenis gerak lebih banyak di bandingkan produksi pertama.

High Grade Universal Century (HGUC)

Gunpla model HGUC memiliki skala 1 : 144, dan jenis ini merupakan pengembangan dari model High Grade dengan desain yang lebih halus dan telah mengunakan teknologi yang lebih modern.

Real Grade (RG)

Seri Real Grade mulai diperkenalkan pada bulan Juli 2010 dengan skala 1:144 bertepatan dengan ulang tahun gundam yang ke 30. Real Grade merupakan pengembangan dari tipe Master Grade Dan Real Grade.

Master Grade (MG)

Kualitas dari Gundam jenis ini sangat bagus, namun hal tersebut juga berpengaruh dari segi harga. Kalau kata orang jawa bilang ono rego ono rupo.

Reborn One Hundred (RE)

Hampir sama seperti jenis Master Grade, tapi lebih mahal. Katanya sih artikulasinya lebih banyak dan detil dibandingkan dengan seri Master Grade.

Perfect Grade (PG)

Gundam jenis tertinggi, model ini memiliki skala 1:60 dan di produksi dengan plastik dan logam komponen dengan kualitas tinggi. Gundam seri ini mengharuskan untuk memasang kan sekrup di tiap perakitan dan membutuhkan kabel kecil untuk pemasangan lampu LED kecil.

Super Deformed (SD)

Versi lucu dan menggemaskan dari Gundam. Meski terkesan lebih ke arah lucu, namun bukan berarti Gundam jenis SD ini tidak layak untuk di koleksi.

Metal Build

Metal Build adalah wujud dari High-end Action Figure Robot, dengan penggunaan bahan diecast (metal) menjadikannya dapat berpose secara mengagumkan, dengan artikulasi superior dan detail presisi. Material produk PVC, ABS dan Diecast.

Ukuran skala Metal Build adalah 1/100, sama dengan ukuran Master Grade (MG) Gundam. Beda dengan gunpla/modelkit, produk ini sudah dalam kondisi jadi, sehingga tidak diperlukan perakitan lagi.

Metal Build diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas (limited) oleh Bandai. Model ini biasanya banyak diburu kolektor karena sifatnya yang terbatas.

Mega Size

Skala dari model ini adalah 1:48, menjadikannya gunpla terbesar buatan Bandai. Jika kita selesai merakitnya, maka tingginya adalah 37.5 cm. (Thanks buat Adit yang sudah kasih info nya melalui Facebook).

Jadi jenis Gundam mana yang lebih cocok buat kamu? ya tergantung sama keinginan dan dana sih. Katanya semakin rumit semakin menantang.

action base
Action base

Persiapan

Merakit Gundam ternyata membutuhkan beberapa persiapan khusus, ada yang beberapa aku sudah lakukan, namun selama merakit Gunpla ini, aku melewatkan beberapa hal yang ternyata penting menurut beberapa Gundam builder senior.

Nah bagi kalian yang ingin memulai merakit Gundam, cobalah lakukan persiapan berikut.

Waktu

Banyaknya bagian-bagian dan detil yang ada dalam kit Gundam, tentu merakit nya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi pastikan bahwa kamu mendedikasikan waktu yang cukup untuk merakit nya. Semakin tinggi level dari jenis Gundam, maka tingkat kesulitannya semakin tinggi dan membutuhkan waktu semakin banyak.

Workspace

Kalian tentu tidak ingin kehilangan bagian-bagian dari Gunpla kan? detil berukuran kecil dari mainan ini sangatlah banyak, dan Bandai tidak memberikan cadangan satu bagian sama sekali. Jadi pastikan ruangan atau meja yang kalian gunakan untuk merakit terbebas dari benda-benda yang mengganggu.

Pastikan juga ruangan kalian aman jika suatu saat ada seseorang yang masuk dan membersihkan nya.

Siapkan alat

Alat-alat yang aku tulis disini tidak semuanya wajib ada, namun beberapa Gundam builder merekomendasikan nya agar hasil akhir terlihat sempurna. Nah berikut alat-alat nya:

  1. Pemotong plastik. Jika kalian pemain Tamiya, kalian bisa gunakan Tamiya Craft Tools no 35. Kalau aku pakai tang pemotong kecil yang biasa aku gunakan.
  2. Cutter. Ini dipakai untuk membersihkan sisa dari plastik yang menyambungkan bagian Gundam dengan plastik kerangka. Kalian bisa gunakan alternativ lain dengan menggunakan gunting kuku.
  3. Amplas. Untuk menghaluskan sisa-sisa potongan.
  4. Gundam marker. Ini dipakai untuk mempertegas warna dan garis panel. Terutama jika kalian merakit Gundam versi High Grade.
  5. Karet penghapus. Untuk menghapus coretan yang keliru dari Gundam marker.
  6. Top coat. Cairan yang digunakan setelah Gundam berhasil di rakit dengan sempurna. Fungsinya melindungi cat dan stiker yang ada di Gunpla.

Pengalaman

Aku memulai merakit Gundam dari jam 10 pagi, dan selama hampir dua jam, aku baru menyelesaikan separuh bagian. Bagian lainnya aku selesaikan dari jam 18:00 – 20:00. Jadi ya kira-kira total untuk menyelesaikannya adalah 4 jam. Cukup menyenangkan bagi pemula seperti aku.

Percobaan pertama tak selalu berjalan mulus, begitu juga aku. Ada satu bagian kecil yang tidak bisa aku rakit, yaitu bagian kiri dari penutup kaki. Kesalahanku adalah tidak menggunakan gunting kuku untuk membersihkan sisa plastik, jadi tidak bisa menutup sempurna. Ketika aku paksa untuk masuk, penyambungnya patah.

Hal buruk yang kurasakan adalah, telapak tanganku jadi bengkak karena menggunakan tang selama empat jam. Bahkan rasa sakitnya masih terasa sampai sekarang.

Hal paling menarik dari merakit Gundam ini adalah aku bisa merasakan ketenangan dan fokus dalam waktu yang lama. Dua hal yang selama ini tidak kurasakan.

Jadi..

Saat aku memotong bagian Gundam untuk pertama kalinya, aku tidak berharap bahwa mainan ini akan membuatku kecanduan. Tapi setelah menyelesaikan separuh bagian, aku berfikir bahwa, ‘ah ternyata menyenangkan!’

Saat pertama kali aku mulai merakit, aku tidak berniat untuk merakit Gundam lagi, tapi setelah aku menyelesaikan Gundam pertama ku, aku berfikir untuk membelinya lagi.

Gundam Astray Red Frame
Gundam Astray Red Frame

Saat ini, aku sedang dalam misi menyelesaikan Gundam Astray Red Frame dengan kategori Real Grade. dan sepertinya aku akan mengumpulkan beberapa kategori untuk jenis Astray Red Frame ini untuk dijadikan salah satu hiasan ruang kerja, atau mungkin bahkan bikin diorama nya sekalian? Semoga saja jika ada kesempatan.

Sungguh akhir pekan yang menyenangkan buatku, apalagi setelah selesai merakit Gundam, kemudian ditutup dengan berburu durian di Raja Durian bersama teman-teman.

Berburu Durian
foto credit: Taufan PR

Bagaimana dengan akhir pekan kalian guys? semoga bisa menyegarkan badan dan pikiran sebelum kembali melakukan aktivitas di pekan depan.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan