Blank paper with pen

Writer’s Block dan Cara Mengatasinya

Nge-blog adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan, menuangkan ide dan gagasan kreatif dalam suatu tulisan dan mempublikasikan di internet merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika tulisan tersebut banyak dibaca dan diberi komentar.

Namun dalam sebuah proses kreatif, seringkali kita memiliki hambatan. Lack of idea merupakan hal yang seringkali kita alami. Writer’s Block, itulah istilah yang sering kita dengar untuk hal semacam itu.

Writer’s block adalah kondisi yang terkait dengan menulis sebagai suatu profesi, di mana seorang penulis kehilangan kemampuan untuk menghasilkan karya baru. Dalam beberapa kasus, penyakit writer’s block dapat menghempaskan sang penulis pada sebuah kehancuran karir. Beberapa dari mereka memilih mundur dari dunia tulis-menulis.

Nah hal ini juga terjadi di dunia blog, dan bisa jadi lebih parah. Banyak blogger senior yang tumbang karena kehabisan ide untuk mengisi konten blognya dan akhirnya blog tersebut mati secara perlahan.

Pertanyaan selanjutnya, “bagaimana membuat writer’s block pergi menjauh dalam diri kita?” Ada beberapa alat bantu yang bisa kita gunakan untuk mencari ide agar kita bisa selalu menulis artikel-artikel segar dan kreatif.

Google Alerts

Google Alert merupakan layanan Google yang akan memberitahukan kepada Kita melalui email atau feed (nanti akan otomatis dikirimkan ke aplikasi feed reader) tentang tema yang sesuai dengan niche blog yang kalian punya. Cukup masukan keyword dan tentukan tipe, durasi, volume, dan media pengiriman.

Blog Direktori

Blog direktori merupakan ‘sarang’ blog yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan inspirasi. Alltop merupakan salah satu blog direktori yang sempat saya gunakan cukup lama.

Berlangganan

Sudah menemukan blog yang sangat inspiratif (seperti idekeren.com misalnya)? segera berlangganan / subscribe, hal ini akan memudahkan kalian untuk tetap update mendapatkan tulisan-tulisan terbaru dari blog.

Buatlah Polling

Polling selain sebagai media untuk merangkul pembaca, juga dapat digunakan untuk meminta masukan terhadap pembaca mengenai artikel yang mereka inginkan. Dapatkan ide dari pembaca dengan metode ini.

Tanyakan pada komunitas

Jika kalian bergabung dengan sebuah komunitas, tanyakan pada mereka mengenai artikel yang sedang atau ingin mereka bicarakan. Bisa juga Anda bertanya pada follower di Twitter atau teman di Facebook.

Undang penulis tamu

Cara ini dilakukan oleh banyak blog besar, mereka mengundang penulis tamu untuk menuliskan artikel di blog. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah, anda harus tetap menjaga dengan membuat aturan tersendiri, jangan sampai tulisan dari mereka ‘mengacaukan’ tema blog yang kalian buat.

Itulah enam alat bantu untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis. Ada yang ingin menambahkan?

2 Comments

  • Halo Mas Afit 🙂

    Kenalkan saya Putri, Reporter program Big Bang! Show – talkshow mengenai social entrepreneurship dan inovasi anak muda Indonesia, hosted by Andy F. Noya – di Kompas TV. Saya dan tim tertarik untuk mengangkat profil Mas Afit dan Listeno di program kami, boleh minta kontak yang bisa dihubungi untuk saya pre-interview by phone? Thanks 🙂

Tinggalkan Balasan